Minggu, 17 April 2011

Peta Sentra UKM di Seputaran Bandung


Pemetaan sentra UKM sangat penting. Hal ini untuk berbagai macam tujuan, yang utama adalah meningkatkan produktivitas UKM itu sendiri. Dengan adanya pemetaan UKM memudahkan para pelancong yang datang ke Kota Bandung yang ingin berbelanja tidak perlu berkeliling untuk menemukan produk yang diinginkan.
Ada beberapa sentra UKM yang saya tahu, antara lain:
Cibaduyut, sudah dikenal orang sebagai tempat pengerajin sepatu. Terlebih setelah beberapa waktu lalu dikeluarkannya sepatu dengan merk “JK” (Jusuf Kalla), pamor Cibaduyut semakin naik kembali.
Cigondewah, banyak ditemui penjual kain sebagai  bahan dasar pakaian. Aneka bahan kain bisa di temui disini. Selain kain, masih di Cigondewah dapat ditemukan pula sentra pembuatan topi dan tas.
Sentra rajutan, bisa ditemukan di jalan binong jati. Mulai dari sarung tangan, rompi, kupluk, dan lain sebagainya.
Surapati (Suci), sepanjang jalan tersebut banyak dibuka usaha pembuatan kaos, jaket, training, spanduk, baligho dan yang berkaitan dengan sablon.
Bila ingin mencari buah-buahan dan sayuran segar, bisa langsung ke pasar caringin.
Sentra Jeans bisa ditemui di Jalan Suka Mulya Indah, Sukagalih, Sukajadi.
Sentra boneka bisa ditemui disekitar Sukajadi atau Jl. Sayati Hilir, Desa Sayati Margahayu, Kab. Bandung. Sentra Senapan Angin - Cipacing, dekat pintu tol cileunyi.  
Bedog (parang) tradisional - Desa Majumekar, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung.
Konveksi terbesar ada di soreang. Bordiran untuk pakain muslim bisa ditemukan di seputaran Soreang. Banyak pakaian muslim yang dijual di Malaysia adalah buatan Soreang.
Untuk makanan ringan seperti oncom goreng, dulu orang Bandung mencari oleh-oleh yang akan dibawa saat akan bepergian ke luar kota bisa dicari di Pasar Kosambi. tetapi para penjual lebih cenderung membuka lapaknya di sekitar Terminal Leuwi Panjang dan ada juga yang berjualan di sepanjang jalan Dr. Junjunan (terusan Pasteur )  memudahkan bagi orang jakarta atau orang yang akan mempergunakan akses tol padaleunyi untuk berbelanja oleh-oleh.
Masih banyak lagi sentra UKM yang belum ter-peta-kan. Informasi mengenai sentra UKM di Seputaran Bandung bisa anda tambahkan.

1 komentar:

admin mengatakan...

sekarang sudah ada jalan tol Soroja Soreang Pasir Koja :D