Selasa, 12 April 2011

Ikon Souvenir Indonesia

From UKM | Usaha Kecil Menengah
Sempat terlintas dalam pikiran saat melihat sebuah asbak yang dibelikan oleh istri di Singapura. Dan beberapa waktu lalu, sempat pula teman membawakan oleh-oleh dari Singapura berupa korek gas. Kemudian tetangga pulang dari Singapura menitipkan oleh-oleh berupa gantungan kunci. Dari ketiga oleh-oleh yang diberikan pada saya, semuanya memiliki ikon yang sama. Iya, betul. Merlion, ikon Singapura yang berupa patung bermuka singa dan berbadan putri duyung. Begitu bangganya orang Singapura menempelkan ikonnya dalam setiap souvenir yang dijual pada pelancong.
Hebatnya, mereka membuat souvenir yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. 'Image' Singapura begitu kentalnya ditanamkan pada setiap orang yang mempergunakan souvenir tersebut. Dengan melihat, menyentuh dan mempergunakan souvenir akan teringat negara itu, karena souvenir ini bukan sekedar pajangan yang disimpan di dalam lemari tertutup kaca, disimpan dipojokan dan hanya dilihat secara sekilas.
Pernahkah anda melihat gantungan kunci, asbak, baju, piring atau apapun yang menampilkan ikon indonesia, atau daerah daerah lain yang dijadikan ikon souvenir?
Sebagai misal, gantungan kunci, asbak, baju, piring yang menampilkan ikon monas, gedung sate, jembatan suramadu, angklung, dsb. Mungkin ada, namun tidak segencar mereka.
From UKM | Usaha Kecil Menengah
Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberi inspirasi untuk kita semua untuk tetap berkarya dan lebih mencintai produk dalam negeri.

Tidak ada komentar: